Ada banyak hal yang harus kita perhatikan dalam menyusun sebuah laporan Akhir PKM. Secara umum format Laporak akhir PKM sesuai panduan PKM dari dikti untuk tahun 2012 adalah sebagai berikut :

  • Lembaran Identitas (Pengesahan) (pastikan para pejabat yang tertera tanda tangan disini)
  • Abstrak (Abstrak harus memuat latarbelakang, tujuan dan hasil akhir dari PKM, gunakan bahasa yang “menggigit” pada saat dibaca)
  • Kata Pengantar ( buat tiga paragraf saja, 1.pembukaan, 2. isi 3. ucapan terimah kasih) .

I. PENDAHULUAN

Pada bagian ini, silahkan copy paste latar belakang, tujuan, rumusan masalah sesuai dengan usulan program sebelumnya. Pastikan semua nya terinclude, klo bisa diubah2 sedikit klo ada kata/kalimat yang ingin dinaikkan bunyinya.

II.TINJAUAN PUSTAKA/GAMBARAN RENCANA USAHA/ GAMBARAN MASYARAKAT

Klo pada bagian ini, silahkan copy kembali proposal anda sebelumnya (Usulan Program) usahakan ringkas saja, klo bisa 2 lembar sudah cukup.

III. METODE PENDEKATAN

Pada bagian ini, silahkan ubah dan integrasikan metodelogi yang agan gunakan ketika merumuskan usulan program PKM. Batasi pendekatan anda, jika Penelitian (contoh) gunakan 2 atau 3 poin. Pertama, bahan penelitian anda (variabel), kedua/ketiga metode pengambilan data yang agan gunakan. Jangan memasukkan hasil penelurusan atau data penelitian dibagian ini karena ada bab khusus yang membahas hal itu. (BAB V)

IV.PELAKSANAAN PROGRAM

Pelaksanaan program mengikut juga berdasarkan usulan program penelitian. Jadi ada jadwal, waktu dan tempat yang wajib dicantumkan dibagian ini.

V.HASIL DAN PEMBAHASAN

Nah pada bagian ini gunakan porsi 2 halaman full data statistik, gambar, tabel dan grafik klo bisa. Karena reviewer cederung tertarik melihat olahan data yang berbentuk statistik kayak tadi. Hal itu jauh lebih baik ketimbang menuliskan deskripsi 1 halaman full. terus ada kecederungan reviewer lebih enak dan mudah melihah olahan data seperti itu.

VI.KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bagian saya kira cukup jelas, singkronkan rumusan masalah-metode-dan hasil pembahasan .

VII.DAFTAR PUSTAKA

Pada bagian cantumkan pustaka agan secara rill dan jujur, jangan terlalu fokus pada jumlah yang banyak (demi image) sehingga terkadang orang memasukkan beberapa sumber yang sebenarnya bukan menjadi rujukannya. Itu bisa menjadi bomerang bagi anda.

oh ya jumlah halaman laporan akhir maximum 10 lembar, mudah kan.The last agan tinggal berdoa saja.semoga menang.