Satu lagi program yang harus teman-teman ikuti, Program Hibah Dikti 2012. Program ini ditujukan bagi mahasiswa-mahasiswa yang ingin terjun ke masyarakat dalam rangka pembinaan desa objek. Bagi saya program ini kurang lebih sangat mirip dengan program PKM-M nya dikti sendri, namun program ini lebih realistis lantaran total dana yang dialokasikan maximun 50 juta. Ini artinya kesempatan yang sangat besar bagi teman untuk unjuk gigi mengabdi langsung ke masyarakat.Total waktu yang disediakankan pun menurut saya sangat cukup yakni 5 bulan (agustus-desember), dengan waktu pengajuan proposal hingga tanggal 13 juli. Artinya teman-teman masih punya waktu sekitar 1 bulan dari sekarang.
Dari penjelas sumber (panduan) yang saya analisa, ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan bagi si pengusul proposal.

  1. Orientasi program ini lebih mengarah pada isu peningkatan produksi dari masyarakat petani, nelayan atau perkebunan. Artinya pusatkan perhatian teman-teman hanya pada ketiga segmen tersebut.
  2. Ancangkan program yang menurut orang realistis dari segi waktu pelaksanaan maupun sumberdaya. Ingan bahwa ini merupakan program bagi mahasiswa. Jadi jangan mengusulkan sesuatu yang kira-kira diluar batas kemampuan kita.
  3. Barangkala ada baiknya kita mengusulkan judul yang mengarah pada pelatihan kreatif atau produksi alat berbasis teknologi-ekonomis yang bisa membantu ketiga segmen tersebut untuk meningkatkan produksi mereka.
  4. Gunakan pendekatan isu besar, namun solusi yang yang kita berikan sederhana dan optimal. Pengalaman saya dalam memilih judul program karya tulis selalu sukses dengan filosofi tersebut. (Isu besar, solusi sederhana)
  5. Untuk kasus ini , saran saya jangan mengjukan judul program yang sangat ilmiah dan super teknologi, karena sekali lagi para reviewer sangat jeli menyeleksi judul-judul seperti itu lantaran ingin mensingkronkan dengan kemapuan kita sebagai mahasiswa, ditambah waktu yang hanya 5 bulan saja.