Iseng buka file yang sempat dicopy dari lalu lintas email entah forum apa (saya sudah lupa) eh dapat file tentang pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat wawancara. Saya kira ini penting untuk menjadi referensi pengetahuan kita. Sebenarnya file originalnya ada 50 pertanyaan (versi inggris pula) namun saya hanya memilih 10 pertanyaan yang paling baguslah (versi saya). plus sedikit terjemahannya juga.
(bagi teman-teman yang ingin file originalnya, tempel email dikomen ntar saya kirim)
Ini dia 10 pertanyaan yanga paling sering ditanyakan saat wawancara

1.Tell me about yourself

Ini adalah pertanyaan paling umum.Teman-teman harus memiliki pernyataan singkat yang telah dipersiapkan sebelumnya.
Hati-hati agar tidak terkesan dilatih. Batasi item deskripsi tentang anda, kecuali dia membutuhkan lebih.

2.Why did you leave your last job? Stay positive regardless of the circumstances. (Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan terakhir Anda? Tetap positif tanpa memandang keadaan.)

Jangan Membicarakan masalah di perusahaan yang anda tinggalkan (keburukan/kekurangn dari manajemen perusahan, supervisor, rekan kerja atau organisasi). Jika Anda melakukannya, Anda akan terkesan buruk. Tetap tersenyum dan bicarakan alasan yang positif seperti peluang, kesempatan untuk melakukan sesuatu yang istimewa atau lainnya.

3.What experience do you have in this field? Speak about specifics that relate to the position you are applying for.(Pengalaman apa yang Anda miliki dalam bidang ini? bicarakan tentang spesifikasi yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar)

Jika anda tidak memilikinya, cari pendekatan yang paling dekat dengan pengalaman dan spesifikasi kerja yang diinginkan.

4.Do you consider yourself successful? You should always answer yes and briefly explain why.(Apakah Anda menganggap diri Anda sukses? Anda harus selalu menjawab ya dan menjelaskan secara singkat mengapa)

Sebuah penjelasan yang baik adalah bahwa Anda telah menetapkan tujuan, dan Anda telah bertemu beberapa dan berada di jalur untuk mencapai hal tersebut

5.What do co-workers say about you? Be prepared with a quote or two from co-workers.(Apa yang rekan kerja katakan tentang Anda? Bersiaplah dengan kutipan atau dua dari rekan kerja.)

Entah pernyataan tertentu atau parafrase akan bekerja. ex: Rizal , rekan kerja di Perusahaan PT.ini-itu, selalu mengatakan saya adalah pekerja paling keras yang pernah dikenalnya.

6.What do you know about this organization? (apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini

Pertanyaan ini adalah salah satu alasan untuk melakukan penelitian pada perusahaan sebelum wawancara. Cari tahu peran dan core dari perusahaan tersebut. Pencapaiaannya.

7.What have you done to improve your knowledge in the last year?(apa yang anda lakukan setahun terkahir ini untuk meningkatkan pengetahuaan anda)

Cobalah untuk menyebutkan kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan pekerjaan/skill anda. Berbagai macam kegiatan dapat disebutkan sebagai positif perbaikan diri. dan alasan-alasan yang tentunya bermanfaat bagi diri anda sendiri.

8.Are you applying for other jobs? (apakah anda melamar pekerjaan lain juga?)

Bersikaplah jujur ​​tetapi jangan menghabiskan banyak waktu di sesi ini. Jawaban singkat : “YA” itu sudah sangat cukup.Jika dia butuh nama perusahaan yang anda lamar, jawab singkat saja tanpa menyebutkan deskripsi perusahaan tersebut. Tetap fokus pada pekerjaan ini dan apa yang dapat Anda lakukan untuk perusahaan ini. Hal lain adalah pengalih perhatian.

9.Why do you want to work for this organization?(mengapa anda ingin bekerja di perusahaan ini

Sesi ini mungkin memerlukan beberapa pemikiran dan tentu saja, harus didasarkan pada penelitian yang telah Anda lakukan pada perusahaan tersebut. Ketulusan sangat penting di sini dan akan dengan mudah dirasakan.kaitkan dengan tujuan jangka panjang dan goal yang ingin anda capai

10.Do you know anyone who works for us?(apakah anda tau siapa saja yang bekerja bersama dengan perusahaan ini /klien )

hati-hati menjawab pertanyaan ini, jawab klien atau siapa saja yang berpotensi bagi pengembangan perusahaan tersebut.

Semoga bermanfaat.

(disari dan diolah dari “the book The Accelerated Job Search by Wayne D. Ford, Ph.D, published by The Management Advantage, Inc.”)
thanks to google translate 2